Total Tayangan Halaman

Minggu, 01 Maret 2015

Antique Studio Camera "Astoria" Japan (2)

















































Antique Studio Camera "Astoria" Japan (2)

Kamera merk Astoria buatan Jepang ini diperkirakan diproduksi pada akhir tahun 1800 s/d awal 1900-an, dan kamera jenis ini biasa digunakan didalam studio. Kamera terbuat dari bahan kayu dengan komponen pendukung berbahan kuningan dan besi. Khusus untuk kamera ini menggunakan film Large Format dan masih menggunakan film dari bahan plat kaca berlapis bahan kimia dengan ukuran cut film holder lebih kurang 22cm x 20cm. 

Kondisi kamera masih original, namun ada terdapat sedikit keropos seperti tampak pada gambar 7 & 8 yang diberi tanda anak panah berwarna merah. Kamera masih tergolong lengkap dan bisa berfungsi baik. Untuk tripod pada kamera masih kokoh dan tidak ada keropos. 

Lensa pada kamera menggunakan lensa jenis Dagor 30cm/300mm, f1/6,8 serial number 621229, dengan merk C.P. Goerz Berlin

Acessories pada kamera ini masih tergolong lengkap, terdapat cut film holder (tanda anak panah berwarna merah menunjukkan ada bagian kayu yang renggang dan tanda anak panah berwarna kuning menunjukkan tempat meletakkan film dari bahan plat kaca) dan view finder dengan merk Astoria, terdapat lens hood yang menempel pada body kamera dibagian depan atas, dan shutter pump accessories yang menempel pada kamera bagian dalam.

Jika kamera ini ingin digunakan kesulitannya adalah untuk film yang berbahan dari plat kaca tersebut kemungkinan sudah tidak diproduksi dan juga sudah tidak ada yang menjualnya lagi. Untuk bellows pada kamera terbuat dari kulit dan kondisi masih cukup baik. 

Ukuran tinggi tripod kamera adalah 128cm, dengan bentangan kaki memiliki jarak satu dengan yang lainnya 80cm. Untuk kameranya memiliki dimensi T43cm x P59cm x L29cm (dalam keadaan maksimal). 

Untuk mendapatkan kamera jenis ini dalam keadaan baik dan lengkap serta original tentunya sangat sulit, dan jenis kamera studio ini biasanya banyak menarik perhatian para kolektor untuk memilikinya.

Antik, Unik dan Langka, menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar