Total Tayangan Halaman

Senin, 16 Maret 2015

Jam Dinding RA Junghans "Lie Liang Swie - Soerabaya" Germany Circa 1920



















Jam Dinding RA Junghans "Lie Liang Swie - Soerabaya" Germany Circa 1920

Jam dengan merk Junghans buatan Jerman ini biasa dikenal umum dengan sebutan Jam RA. Produksi sekitar bulan Juli s/d Desember 1920, dimana hal tersebut dapat diketahui dari nomor kode yang terdapat dibelakang mesin jam. Ukuran cukup besar dengan ukuran keseluruhan tinggi 100cm, lebar muka 39cm, lebar samping 19,5cm dan diameter dial jam 15cm. 

Pada permukaan plat atau dial jam terdapat nama "Lie Liang Swie - Soerabaya" dimana berdasarkan informasi yang saya dapatkan ini adalah salah satu saudagar perusahaan rekaman pada jaman Hindia Belanda. 

Permukaan plat atau dial jam terbuat dari bahan porcelein/enamel dan masih dalam kondisi cukup baik, hanya terdapat beberapa retak rambut karena usia dan hal ini masih terbilang wajar. Untuk komponen atau asesoris pada jam juga masih lengkap. Mesin pada jam masih berfungsi normal. Kayu terbuat dari bahan jenis kayu oak atau eken, dan masih dalam keadaan baik, hanya sudah pernah diplitur ulang. Untuk kaca pada box jam tidak ada retak atau pecah. 

Pada gambar kedua terakhir diatas tanda anak panah berwarna merah hanya menunjukkan ada tempelan karet pada casing belakang jam yang berfungsi sebagai ganjalan agar kayu belakang body jam tidak menempel langsung kedinding untuk mencegah agar kayu tidak lembab.

Jam RA yang bertuliskan sesuatu pada platnya entah itu nama perusahaan atau nama orang biasanya paling digemari oleh kebanyakan orang atau kolektor, karena jam tersebut memiliki history tersendiri.

Layak untuk dikoleksi sekaligus dapat menghiasi dinding rumah anda yang bergaya vintage.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar