Total Tayangan Halaman

Senin, 16 Maret 2015

Jam Dinding Tengahan Art Deco "LFS - Van Arcken & Co - Batavia Soerabaja" Germany Circa Early 1900



















Jam Dinding Tengahan Art Deco "LFS - Van Arcken & Co - Batavia Soerabaja" Germany Circa Early 1900

Jam ini merk LFS (Lorenz Furtwangler & Sohne) memiliki tinggi 62cm, lebar samping 15cm, lebar muka 32cm dan ukuran plat permukaan jam 20,5cm x 20,5cm. Kondisi mesin pada jam masih berfungsi baik, tetapi khusus untuk bell pada jam terkadang macet tidak berbunyi dan terkadang berbunyi tidak sesuai ketukannya dengan waktu jam (khusus bell perlu ada perbaikan).

Untuk kondisi box pada jam masih tergolong baik, dan sudah pernah diplitur ulang, bahan terbuat dari kayu oak/eken kombinasi dengan kayu jenis lain. Bentuk designnya tergolong unik dengan kaca befel cukup tebal lain dari pada jam pada umumnya. Pada plat permukaan jam atau dial terdapat nama sebuah Firma "Van Arcken".

Berikut sekilas sejarah mengenai Firma "Van Arcken & Co" 1861-1958 :


Firma Van Arcken & Co Batavia West-Java Circa 1880

Van Arcken & Co
Perusahaan pengrajin emas, perak, pembuat jam, dan permata. Pertama kali didirikan oleh Clemens van Areken. Toko ini terletak di dekat Gedung Harmonie (1861). Dengan alasan yang tidak jelas, toko ini dilikuidasi pada akhir tahun 1864. Van Areken yang baru dibuka di Noordwijk, menawarkan berbagai jenis barang dari toko lama yang dilikuidasi (Java Bode, 11 November 1864). Perusahaan bisa menjadi Van Areken & Co kembali dan pindah ke toko yang lebih besar di Rijswijk, di sisi timur sudut Gang Sekret.

"Tiffani dari Timur" ini mempunyai konsumen dari kalangan atas seperti Gubernur Jenderal, keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta, dan anggota kerajaan Siam/Thailand. Perusahaan bangkrut selama masa depresi (1929). Pernah dilanjutkan oleh keturunan Van Areken walau dalam skala kecil (1932). Keluarga ini akhirnya meninggalkan Indonesia pada tahun 1958, hanya tiga tahun dari peringatan satu abad perusahaan.


Berikut adalah gambar keterangan Jam LFS dengan sedikit berbeda design dari yang saya miliki :

LFS Clock

Berikut sekilas informasi mengenai LFS Company :

Lorenz Furtwangler Sohne adalah perusahaan jam yang memulai bisnisnya pada tahun 1836 sampai dengan 1929. Perusahaan telah dimulai pada tahun 1836 ketika Lorenz Furtwangler (1807-1866) mendirikan bengkel sendiri. Lorenz memiliki empat anak laki-laki yang mengambil alih bisnis pada saat kematiannya dan menamainya Perusahan Jam “L Furtwangler Sons” pada tahun 1868. Pabrik dikembangkan dan disediakan dengan tenaga uap, dan memperoleh reputasi untuk jam dengan bahan yang sangat baik dengan kualitas tinggi. Diantaranya membuat Jam Meja, Jam Dinding, dan Jam dengan ukuran besar (Grandfather). Merek dagang LFS terdaftar pada tahun 1881 dan 1895. Pada tahun 1900 perusahaan ini berdiri dengan nama “L Furtwangler Sohne AG” dan empat tahun kemudian resmi berubah menjadi “L. Furtwangler Sohne”. Perusahaan bahkan kemudian memproduksi jam kukuk dengan kualitas tinggi, tapi produk utama tidak bisa bersaing selama tahun 1920-an, meskipun perusahaan telah memperluas programnya untuk pemasok mesin jam, dan bisnis sayangnya berakhir beroperasi pada tahun 1929.

Bentuk dengan design casing dan merk jam seperti ini tergolong langka dan jarang dijumpai, sehingga layak untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar