Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 Maret 2015

Jam Dinding Fiag "Toko Kam Kim Koen - Samarang" made in Germany

























Jam Dinding Fiag "Toko Kam Kim Koen - Samarang" made in Germany

Untuk kalangan penggemar barang antik khususnya kolektor jam antik tentunya tidak asing lagi mendengar nama Jam merk FIAG yang merupakan salah satu jam buatan Jerman. Jam merk ini merupakan salah satu jam yang menjadi primadona para kolektor untuk dikoleksi.

Jam yang saya miliki kali ini merupakan salah satu barang yang sangat istimewa, langka dan patut dimiliki, karena pada dinding pintu jam terdapat nama Toko Kam Kim Koen yang berada dikota Samarang (sekarang Semarang), dan pada pendulumnya terdapat nama perusahaan besar era jaman Kolonial Belanda bernama Javastaal Stokvis N.V. yang perusahaannya berada di kota Samarang - Batavia - Soerabaya pada masa itu, dimana jam FIAG dengan identitas seperti ini tidak banyak dimiliki oleh jam merk FIAG pada umumnya.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan Javastaal Stokvis N.V. adalah salah satu perusahaan Importir yang mengimport barang-barang atau alat-alat tehnik, forklift, kulkas minyak tanah, timbangan, peralatan listrik dll. Pada era tahun 1950an perusahaan ini dipercaya untuk menyediakan aliran listrik untuk acara Pekan Raya Ekonomi Internasional di Jakarta pada masa itu. Sedangkan untuk Toko Kam Kim Koen adalah usaha dagang yang bergerak dibidang penjualan barang-barang atau alat-alat tekhnik, asesoris, dan sepeda beserta peralatan sepeda pada masa itu, dan merupakan salah satu mitra bisnis dari pada Javastaal Stokvis N.V., sehingga dapat disimpulkan bahwa jam ini merupakan pemberian dari Javastaal Stokvis N.V. kepada Toko Kam Kim Koen sebagai salah satu mitra bisnisnya.

Sungguh merupakan cerita menarik yang dapat kita cermati dari sisi sejarah pada masa itu, dimana barang ini dapat menjadi kenangan sebagai salah satu barang peninggalan masa era Kolonial Belanda yang sangat layak untuk dibanggakan menjadi salah satu barang koleksi. Jika Jam FIAG ini ibarat disandingkan dengan Jam FIAG sejenis, maka Malaikat juga tau jam ini akan menjadi juaranya.....

Jam Dinding buatan Jerman ini memiliki ukuran permukaan plat atau dial kurang lebih berdiameter 20cm, untuk box pada jam memiliki ukuran kurang lebih tinggi 78cm sampai dengan mahkota pada bagian atas (khusus untuk jam FIAG mahkota bagian atas dapat dilepas), lebar muka 33,5cm dan lebar samping 17cm. 

Kondisi Jam masih original, mesin pada jam masih berfungsi dengan baik, kondisi fisik secara umum masih tergolong baik, dan seluruh komponen masih lengkap dan original. Bahan pada box jam terbuat dari kayu oak/eken dan masih dalam kondisi baik.

Jam yang memiliki 3 lubang dengan 8 senar ini kemungkinan diproduksi sekitar tahun 1940an, memiliki bunyi dentangan Westminster yang terdengar keras dan menggema, dan jika kita cermati bunyi melodi pada Jam FIAG ini terdengar terdapat 2 melodi nada tinggi dan rendah yang berbunyi setiap jam, setengah jam dan seperempat jam (biasa dikenal dengan nama Jam Perempatan).

Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Ibu T - Boyolali.....thanks a lot...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar