Total Tayangan Halaman

Selasa, 25 Februari 2014

Jam Dinding Junghans "Pouw Kim Gie - Cheribon" Circa 1938
























Jam Dinding Junghans "Pouw Kim Gie - Cheribon" Circa 1938

Jam Dinding buatan Jerman ini memiliki ukuran permukaan plat atau dial kurang lebih berdiameter 21cm, untuk box pada Jam memiliki ukuran kurang lebih tinggi 76cm (sampai dengan mahkota pada bagian atas), lebar 31cm dan lebar samping 17cm. 

Kondisi Jam masih original, mesin pada Jam masih berfungsi dengan baik, kondisi fisik secara umum masih tergolong baik, seluruh komponen masih lengkap dan original. Pada ornamen bagian tengah atas pada Jam yang terbuat dari gypsum ada sedikit cuil dibagian sebelah kanan, lihat gambar no.1.

Jam yang memiliki 3 lubang dengan 6 senar ini diproduksi sekitar bulan oktober tahun 1938, memiliki bunyi dentangan Westminster yang terdengar cukup keras dan menggema, berbunyi setiap jam, setengah jam dan seperempat jam (biasa dikenal dengan nama Jam Perempatan).

Kelebihan dari Jam ini pada box bagian belakang terdapat etiket yang masih menempel, bahan terbuat dari kertas bertuliskan merk Junghans dan terdapat tulisan iklan berbahasa Indonesia Ejaan Lama, yaitu Lontjeng dengan ini tjap paling baik! pake nama. Terdapat juga marking plat nama Toko Sepeda dengan tulisan bahasa Belanda dengan nama Pouw Kim Gie  yang berlokasi didaerah Cheribon

Pada bagian atas Box seperti tampak pada gambar terakhir yang diberi tanda anak panah berwarna merah terdapat marking logo Junghans yang terbuat dari bahan kertas yang masih menempel, namun kondisi kertas sudah tidak utuh lagi.

Untuk Jam dengan kondisi seperti ini tentulah sangat jarang ditemukan karena Jam ini pada masa itu merupakan pesanan khusus toko bersangkutan yang tentunya jumlahnya tidak banyak, sehingga keberadaannya menjadi langka, dan yang menariknya lagi Jam ini sangat sarat dengan sejarah peninggalan masa lalu dijaman Kolonial Belanda, menarik dan layak untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar