Total Tayangan Halaman

Jumat, 14 Februari 2014

Saringan Teh Antik "Goalpara Soekabumi" Ned Indie










Saringan Teh Antik "Goalpara Soekabumi" Ned Indie

Saringan Teh ini terbuat dari bahan alpaka lapis perak. Kondisi masih cukup baik dan lengkap. Ukuran kotak saringan teh tinggi 4,5cm, panjang 4cm dan lebar 4cm. Plat pegangan saringan memiliki ukuran panjang 4cm x lebar 1,5cm. Untuk tatakan saringan teh berdiameter 9cm dan tinggi 2cm, jika diukur sampai dengan pegangan tatakan yang terdapat marking "Goalpara" tingginya 5cm. 

Pada kotak saringan terdapat marking "Golpara" dan nama kota yang masih menggunakan ejaan lama Van Opuijsen "Soekabumi". Terdapat juga tulisan berbahasa Belanda Thee Onderneming, yang artinya perusahaan teh. Pada pegangan saringan teh terdapat juga marking "Goalpara" dan tulisan berbahasa Belanda Laat 6 Minuten Trekken, yang artinya kurang lebih biarkan selama 6 menit.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan mengenai Perusahan Teh "Goalpara" bahwa :

Pabrik Golapara disebutkan mulai beroperasi pada 1908, tetapi sumber lain menyebutkan  perusahaan tersebut menawarkan saham pada 1892. Pemilik perkebunan itu juga membingungkan, tercatat mulai dari Cultuur Maatschappij Goalpara, Tiedeman van Kerchem, hingga NV geowehry. Informasi ini jelas harus diverifikasi, karena dari informasi tersebut setidaknya ada dua hal yang tak berkesesuaian.

Sumber informasi : 

Perkebunan Teh di Goalpara, Sukabumi Utara di masa Hindia Belanda


Foto diambil pada tahun 1924

Saya tertarik mengkoleksi barang ini karena keberadaannya yang sulit ditemukan dengan kondisi baik dan lengkap seperti ini, dan juga mengandung unsur nilai sejarah tersendiri sebagai barang tua peninggalan masa Kolonial Belanda. Jika diletakan pada meja teh yang bergaya vintage, maka barang ini akan menjadi lebih menarik lagi sebagai barang pajangan sekaligus menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar