Total Tayangan Halaman

Senin, 17 Februari 2014

Packard Car Tin Toy - Nomura Japan Circa 1936 "Rare"





















Packard Car Tin Toy - Nomura Japan Circa 1936 "Rare"

Mainan mobil buatan Jepang yang terbuat dari bahan tinplate ini menurut informasi yang saya dapatkan diproduksi oleh fabrikan Nomura sekitar tahun 1930 s/d 1940-an. Memiliki ukuran cukup besar dengan panjang 22cm, lebar 7,5cm dan tinggi 7,5cm. Kondisi masih dalam keadaan baik dan berfungsi.

Jenis mainan mobil seperti ini biasanya dibuat dengan mengambil design dari bentuk mobil yang sebenarnya, dan menurut informasi yang saya dapatkan mainan mobil ini mengambil bentuk yang kurang lebih mirip dengan mobil merk Packard buatan perusahaan Amerika.



Packard adalah marque mobil mewah Amerika dibangun oleh Packard Mobil Motor Company dari Detroit, Michigan, dan kemudian oleh Studebaker-Packard Corporation of South Bend, Indiana. 

Berdasarkan informasi yang didapatkan mobil Packard pertama diproduksi pada tahun 1899, dan terakhir pada tahun 1958.

Berikut informasi mengenai perusahaan mobil tersebut :


Berikut beberapa jenis mobil keluaran Packard Mobil Motor Company :

Packard 1934


Packard 1936

Packard 1936

Packard 1938

Berikut gambaran informasi harga pasaran diluar mobil tin toy buatan Nomura - Japan ini :



Beberapa gambar detail yang saya dapatkan menandakan kesamaan dengan mobil tin toy yang saya miliki :







Singkat cerita mainan mobil ini saya dapatkan dari sesama penggemar barang antik didaerah Bogor, dan sudah tiga kali saya berkunjung ke tempat orang tersebut mainan ini masih saja terpajang dilemarinya. Waktu pertama kali melihat mobil mainan tersebut saya sebenarnya sudah tertarik dan sempat menanyakan harganya, namun harga yang diberikan cukup terbilang mahal untuk mainan sejenis tin toy, karena yang saya ketahui mainan sejenis ini tidak terlalu mahal. 

Pada saat saya pelajari dengan baik ternyata untuk jenis mainan yang biasa disebut tin toy ini memang ada yang termasuk collector item dan harganya bisa mencapai angka yang fantastis alias super mahal . Akhirnya saya merasa sangat beruntung mendapatkan mainan ini setelah saya berkunjung untuk yang ketiga kalinya saat saya awal pertama melihat mainan tersebut. 

Saya akhirnya memutuskan membeli mainan tin toy ini berikut bersama barang-barang lainnya agar terkesan saya tidak begitu mahal untuk membelinya. Sekarang mainan mobil era tahun 1930 s/d 1940-an ini menjadi koleksi pribadi saya sampai dengan saat ini.

Berikut informasi harga salah satu jenis tin toy yang terbilang mencapai harga fantastis:

"Banyak orang tak menyangka, mainan anak-anak masa lampau bisa bernilai jual tinggi saat ini. Bila Anda, orangtua, atau kakek Anda masih menyimpan mainan berbahan timah (tin toy), jangan buru-buru membuangnya meski sudah usang.
Mata peserta lelang di bursa barang-barang seni dan mainan antik, James D. Julia, Amerika Serikat (AS), terbelalak. Di suatu hari pada bulan Juli lalu, sebuah mainan lawas berbahan baku lempengan timah atau tin toy terjual seharga US$ 161.000 atau setara Rp 1,45 miliar.
Malcolm Deisenroth, seorang kolektor mainan tin toy, berhasil mencatatkan koleksinya sebagai mainan dengan harga termahal. Koleksi mainan kuno buatan Althof Bergmann itu berwujud Santa Claus yang sedang menaiki kereta dan ditarik oleh dua ekor kambing."
Saya tertarik mengkoleksi mobil mainan produksi Jepang ini karena bentuknya yang sangat unik dan sangat jarang dijumpai alias langka, disamping itu tahun pembuatannya juga sudah cukup tua untuk seukuran jenis mainan berbahan tinplate. Mainan ini juga termasuk jenis yang banyak dicari oleh kolektor mainan tin toy, dan jika kita lihat pasaran harga diluar terbilang cukup mahal.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar