Total Tayangan Halaman

Kamis, 22 Agustus 2013

Antique Double Dial Ithaca Calender Mantle Clock Circa Last 1800

















Antique Double Dial Ithaca Calender Mantle Clock Circa Last 1800

Jam dengan merk Ithaca buatan Amerika ini mulai diproduksi sekitar tahun 1865, dimana dipatentkan oleh Henry B Hortons pada 18 April 1865 dan yang kedua 28 Agustus 1866. Memiliki ukuran tinggi 58cm, lebar muka 26,5 dan lebar samping 10cm.

Untuk masing-masing dialnya bagian atas diameternya 16cm dan bagian bawah 21cm. Pada mesin jam terdapat marking nama tempat dan negara pembuatnya serta dipatentkannya mesin jam tersebut, yaitu 30 Agustus 1870. Jadi menurut kesimpulan saya jam ini dibuat sekitar era 1800 akhir, dan kemungkinan jam ini dibeli oleh pemiliknya sekitar 19 Juli 1885 sesuai tanggal dan tanda tangan pemiliknya yang tercantum pada bagian belakang jam tersebut.

Perusahan pembuat jam dengan merk Ithaca menjalankan bisnisnya hingga14 Maret 1917 sampai pada saat Perang Dunia I, dan kemudian setelah itu perusahaan mengalami kebangkrutan sehingga jam merk tersebut tidak dibuat kembali.

Kondisi fisik jam masih dalam keadaan baik, berfungsi normal dan original. Mekanik tanggal, hari, dan bulan serta alarm juga masih berfungsi baik. Untuk setting alarm terletak ditengah pada dial jam bagian atas, dan untuk tanggal, hari dan bulan terletak pada dial jam bagian bawah. Untuk mesin jam yang memiliki 2 motor atau 2 lubang ini sekali putar penuh mampu bertahan selama 8 hari.

Jam ini mekaniknya terlihat sangat rumit sehingga jarang diproduksi oleh perusahaan merk jam lainnya, jadi intinya tidak semua perusahaan yang bergerak dalam memproduksi jam membuat tipe jam seperti ini pada masa itu, sehingga hal tersebut membuat jam dengan tipe seperti ini menjadi sangat jarang dan langka ditemukan, dan menarik bagi para kolektor untuk memilikinya.

Berikut sekilas informasi mengenai merk jam Ithaca tersebut :
http://www.clockguy.com/SiteRelated/SiteReferencePages/IthacaCalendarClockCoHistory.html

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar