Total Tayangan Halaman

Kamis, 15 Agustus 2013

Antique Magneto Switchboard Operator Telephone Circa 1940










































Antique Magneto Switchboard Operator Telephone Circa 1940

Telephone dengan marking C.H. Milde Fils & Cie buatan Paris Prancis ini kurang lebih memiliki dimensi 47cm x 35,5cm x 29cm, diproduksi sekitar tahun 1940an, kondisi original, lengkap, dan berfungsi. Body telephone terbuat dari bahan kayu oak/eken dan masih dalam kondisi baik, ring box atau bell telephone memiliki dimensi 16cm x13cm x13cm, body terbuat dari bahan kayu oak/eken, box conector terbuat dari bahan kayu dan sudah ditambahkan kabel telephone untuk dihubungkan ke jalur Telkom, praktis tinggal siap pakai.

Pada masa itu kemungkinan telephone jenis ini dipergunakan untuk operator disebuah Hotel atau Motel, karena telephone jenis ini memang dipergunakan untuk menyambungkan line kebeberapa ruangan, karena pada telephone terdapat beberapa panel dan biasa disebut dengan Switchboard Operator Telephone.

Berkut sekilas gambaran informasi untuk telephone tersebut :

Meja operator memiliki ukuran tinggi 75,5cm, panjang 70cm dan lebar 48cm, dan rak kunci memiliki ukuran dimensi 70cm x 42,5cm x 21cm, dimana bentuk rak kunci mirip dengan gambar diatas pada foto tempo dulu tersebut, yang mungkin menggambarkan suasana diruangan operator disebuah Hotel atau Motel pada masa itu, tetapi ukuran rak kunci yang saya miliki ini lebih kecil. Bahan meja operator dan rak kunci kemungkinan dari kayu jati.

Kursi operator memiliki ukuran tinggi 101cm (jika diukur dari bawah sampai sandaran kursi bagian atas), tinggi 50cm (jika diukur dari bawah sampai alas kursi), lebar muka 45cm dan lebar samping 41cm.

Bentuk kursi operator mirip dengan gambar foto tempo dulu seperti dibawah ini :







Untuk kondisi kursi masih dalam keadaan baik, pliturannya juga masih asli belum pernah diplitur ulang, dan rotannya juga masih asli belum pernah diganti dengan yang baru. 

Jenis kursi seperti ini juga tergolong masih jarang ditemukan. Bahan kursi operator kemungkinan dari kayu jati.

Saya tertarik dengan telephone ini karena butuh perjuangan dan waktu untuk melengkapinya. Singkat cerita untuk meja dan rak kunci saya dapatkan bersamaa didaerah Ciputat Tangerang, namun kondisi sudah tidak layak pajang sehingga ada sedikit perbaikan dan plitur ulang. Untuk telephonenya lebih dahulu saya dapatkan di Jakarta dan termasuk jenis telephone yang sangat sulit ditemukan atau jarang dijumpai, dan terakhir untuk kursi operatornya saya dapatkan dari Malang. 

Antik, Unik, dan Langka menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : Ex Koleksi PribadiSOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar