Total Tayangan Halaman

Selasa, 20 Agustus 2013

Timbangan Pos Surat (1)







Timbangan Pos Surat (1)

Timbangan Surat ini masih dalam kondisi baik, berfungsi, lengkap dan original, dimana kondisi cat pada timbangan tersebut juga masih asli, terdapat tulisan berbahasa Belanda dan Indonesia dengan Ejaan Lama pada bagian belakang pada bandul pemberat timbangan, Bestemd Voor Huis Houdelijk Gebruik yang artinya Tida Boleh Pake Boeat Dagangan, seperti tampak pada gambar terakhir pada gambar diatas.

Diperkirakan timbangan ini digunakan untuk menimbang surat di Perusahaan Pos Indonesia atau PTT (Pos Telegram dan Telepon) sebutannya pada masa itu. 

Timbangan ini memiliki ukuran tinggi 26cm, panjang 16cm dan lebar 14cm, berat maksimal untuk menimbang barang dengan berat beban hanya 500gr, kemungkinan diproduksi pada awal s/d pertengahan tahun 1900. Kondisi skala pada timbangan yang terbuat dari porcelain enamel masih dalam kondisi baik, dan layak untuk menjadi koleksi.

Saya tertarik dengan timbangan ini karena bentuk fisiknya masih dalam kondisi baik, lengkap dan orginal, dan selain itu identitas barang peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda cukup jelas terlihat, dimana terdapat tulisan berbahasa Belanda dan Indonesia Ejaan Lama pada timbangan tersebut.

Unik dan Menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar