Total Tayangan Halaman

Selasa, 20 Agustus 2013

Timbangan Pos Barang












Timbangan Pos Barang 

Timbangan Pos yang biasa digunakan untuk menimbang barang atau paket ini masih dalam kondisi baik, berfungsi, lengkap dan original, dimana kondisi cat pada timbangan tersebut juga masih asli, memiliki ukuran tinggi 20cm, panjang 40cm dan lebar 28,5cm. Digunakan untuk menimbang barang dengan kekuatan maksimal menimbang barang sebesar 25kg.

Pada bagian muka timbangan terdapat marking dengan tulisan "Handelmaatschappij Barmer Export Gesellschaft (BEG)", dan juga terdapat nama kota luar dan dalam negeri dengan tulisan masih menggunakan Ejaan Lama, "Soerabaia, Samarang, Medan-Deli, dan Singapore, Bangkok, Barmen" seperti tampak pada gambar no.4 pada gambar diatas.

Pada bagian muka timbangan juga terdapat marking DRGM (Deutsches Reichs Gebrauchs Musterschutz) dan terdapat juga nomor seri timbangan dengan Nomor 13367 pada bagian sisi kanan timbangan seperti tampak pada gambar no.6 pada gambar diatas. Jika dilihat dari marking dan nomor tersebut timbangan ini dibuat oleh Germany dan diproduksi sekitar tahun 1891 s/d 1895. 

Diperkirakan Timbangan ini digunakan untuk menimbang kertas, barang atau paket di Perusahaan Pos Indonesia atau PTT (Pos Telegram dan Telepon) sebutannya pada masa itu. 

Saya tertarik dengan timbangan ini karena bentuk fisiknya masih dalam kondisi baik, lengkap dan orginal, dan selain itu identitas barang peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda cukup jelas terlihat, dimana terdapat tulisan nama-nama kota dengan menggunakan Ejaan Lama tempo dulu pada bagian muka timbangan tersebut.

Antik dan Langka menarik untuk menjadi koleksi dan juga sangat bernilai sebagai barang peninggalan jaman penjajahan Kolonial Belanda pada masa tempo dulu.

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar