Total Tayangan Halaman

Kamis, 15 Agustus 2013

H Samuel Pocket Watch - Circa Late 1800





















H Samuel Pocket Watch - Circa Late 1800

Jam Saku dengan merk H Samuel buatan Swiss ini terbuat dari bahan Perak 935, merupakan kadar Perak tertinggi yang saya pernah ketahui, biasanya perhisan Perak menggunakan kadar tertingginya 925, dialnya terbuat dari bahan Porselen, kemungkinan diproduksi pada akhir tahun 1800, memiliki diameter 48mm (4,8cm) dan tebal 18mm (1,8cm).

Kondisi orisinil, masih sangat baik dan layak koleksi. Mesin Jam masih berfungsi dengan normal dan pada body Jam tersebut dibeberapa tempat juga terdapat tanda stampel bergambar Singa seperti yang terlihat pada gambar diatas No.10 dan No.12, juga pada gambar terakhir yang diberi tanda anak panah berwarna merah. 

Lambang bergambar Singa sedang berdiri dan menghadap kesebelah kiri pada Jam tersebut mirip dengan gambar Singa pada Koin Belanda 6S tahun 1761 yang saya miliki seperti contoh dibawah ini :


Kelebihan lain dari Jam ini adalah memiliki kunci pemutar untuk mengatur jarum jam dan memutar mesin jam agar berfungsi. Mesin Jam seperti ini dengan memiliki anak kunci sangat jarang ditemukan alias langka. Stempel bergambar Singa yang ada dibeberapa bagian casing jamnya juga memiliki daya tarik sendiri, dimana kemungkinan ini merupakan jam edisi khusus atau mungkin pesanan khusus para bangsawan dimasa itu.

Kisah H. Samuel yang memiliki nama lengkap Harriet Samuel dimulai pada tahun 1862 ketika mengambil alih bisnis pembuat jam dan perak di Liverpool milik ayah mertunya Samuel Musa, kemudian H. Samuel Pindah bisnis ke Market Street Manchester dan anaknya mengembangkan bisnis ritelnya. Toko ritel pertama H.Samuel dibuka di Preston pada tahun 1890, diikuti oleh cabang di Rochdale dan seluruh Lancashire. Untuk mengakomodasi pertumbuhan bisnis, perusahaan itu pindah ke markas besar di Birmingham pada tahun 1912. 

Berikut sekilas informasi mengenai H Samuel :


Antik, Unik dan Menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar