Total Tayangan Halaman

Selasa, 20 Agustus 2013

Timbangan Obat "Phywe" Germany















Timbangan Obat "Phywe" Germany

Timbangan Obat dengan marking Phywe buatan Germany ini masih bisa digunakan untuk menimbang Obat dan masih dalam kondisi baik, original, lengkap beserta anak timbangannya, juga tempat menumbuk obat dan sendok takarnya. Kondisi cat pada Timbangan tersebut juga masih asli.

Pada bagian sendok takar terdapat tulisan Aphoteek Sam Soen Batavia, dimana masih menggunakan ejaan berbahasa Belanda, seperti Eetlepel (sendok makan), Paplepel (sendok bubur bayi), theelepel (sendok teh) dan nama kota Batavia, nama kota pada masa kolonial Belanda yang tidak lain adalah Jakarta pada saat sekarang ini.

Diperkirakan Timbangan ini digunakan untuk menakar berat serbuk Obat di Apotek pada masa itu, dan khusus sendok takar kemungkinan digunakan sekitar dibawah tahun 1940an, dan merupakan bukti peninggalan sejarah yang layak untuk disimpan. 

Untuk tempat anak timbangan pada Timbangan tersebut menggunakan bahan dari kayu Oak atau Eken, dan kondisi seperti ini sangat jarang dijumpai biasanya terbuat dari bahan kayu Jati. Untuk tumbukan obatnya dibuat dari bahan porcelen atau keramik dan merupakan buatan lama bukan baru.

Timbangan ini memiliki berat maksimal 500gr, memiliki ukuran Tinggi 30cm dalam keadaan standard, dan 47,5cm dalam keadaan maksimal. Panjang lengan Timbangan 22cm dan Diameter alas Timbangan 10cm. 

Saya tertarik menyimpan Timbangan ini karena perlu sedikit perjuangan untuk tampil secara maksimal, dimana untuk perlengkapannya saya dapat dari tiga tempat yang berbeda, pertama saya mendapatkan Timbangan beserta anak timbangannya dari pedagang antik di Jakarta Barat dan untuk tumbukan obatnya di daerah Jakarta Pusat, khusus untuk sendok takarnya saya mendapatkannya dari daerah Jawa Tengah.

Unik dan menarik untuk menjadi koleksi 

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar