Total Tayangan Halaman

Kamis, 15 Agustus 2013

Zenith "Van Arcken" Grand Prix Paris 1900 Pocket Watch - Circa 1904
















Zenith "Van Arcken" Grand Prix Paris 1900 Pocket Watch - Circa 1904

Jam Saku dengan merk Zenith ini adalah merupakan edisi khusus, dimana pertama kali Zenith menjadi sponsor penyelenggaraan Grand Prix di Paris 1900. Pada Tahun 1899, James Gordon Bennett pemilik dari New York Herald yang berkantor di Paris menawarkan ACF sebagai Piala resmi bergilir setiap tahunnya untuk klub-klub mobil di berbagai negara, dimana mereka harus memilih tim mereka sendiri driver dan mobilnya. Pada Tahun 1900 adalah pertama kali diadakan lomba balap mobil dengan Sirkuit tertutup dan tantangan Internasional Piala Lomba diadakan pertama kali pada tahun 1900 - 1905 di Paris.

Jam ini terbuat dari bahan Perak 900 dan rantainya terbuat dari bahan Perak 800, bahan dialnya terbuat dari bahan Porselen, memiliki diameter 45mm (4,5cm) dan tebal 12mm (1,2cm), kondisi orisinil, masih sangat baik dan layak koleksi. Mesin Jam masih berfungsi dengan normal dan terdapat tulisan tahun dibuatnya Jam tersebut, yaitu 18 Oktober 1904. Jam yang memiliki identitas tahun dibuat pada mesinnya tentulah sangat jarang dijumpai alias langka, terlebih pada body Jam tersebut dibeberapa tempat juga terdapat tanda stampel bergambar Singa seperti yang terlihat pada gambar diatas yang diberi tanda anak panah berwarna merah. Kemungkinan pada masa itu Jam dengan kondisi seperti ini adalah merupakan pesanan atau sengaja dibuat untuk edisi khusus.

Lambang bergambar Singa sedang berdiri dan menghadap kesebelah kiri pada Jam tersebut mirip dengan gambar Singa pada Koin Belanda 6S tahun 1761 yang saya miliki seperti contoh dibawah ini :


Kelebihan lain dari Jam ini adalah terdapat nama Van Arcken & Co dan nama kota dengan menggunakan ejaan lama Batavia - Soerabaia pada dial atau permukaan Jam tersebut. Van Acrken & Co adalah sebuah nama Toko Perhiasan sekaligus sebagai sebuah perusahaan pengerajin perhiasan yang berkedudukan Di Jakarta (Batavia) dan Surabaya (Soerabaia) yang sangat terkenal menjual berbagai perhiasan seperti Permata, berbagai perhiasan Emas dan Perak, juga Jam yang berkualitas dan berkelas dimasanya.


Toko Jam Van Arcken & Co 

Setidaknya saya mencatat beberapa keistimewaan dari Jam ini, yaitu :

1. Terbuat dari bahan Perak yang cukup tinggi 0.900 biasanya yang umum 0.800.
2. Jam yang merupakan edisi khusus "Grand Prix Paris 1900" yang tentunya memiliki kualitas dan harga yang lebih.
3. Terdapat tanda stempel bergambar Singa pada beberapa bagian yang kemungkinan merupakan pesanan khusus.
4. Jam yang dibuat oleh perusahaan pembuat jam Zenith yang merupakan merk terkenal.
5. Terdapat nama Van Arcken & Co dan nama kota dengan ejaan lama Batavia-Soerabaia, dimana kental dengan sejarahnya dimasa lalu.
6. Kondisi Jam yang masih orisinil, sangat baik dan berfungsi sehingga sangat layak untuk dikoleksi.

Berikut sekilas informasi mengenai Zenith Company :

Berikut sekilas informasi mengenai Grand Prix History :

Berikut sekilas informasi mengenai Van Arcken & Co :

Antik, Unik dan Menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Kode : Ex KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar